Manfaat Ginseng Jawa Untuk Kesehatan

Ginseng Jawa (Talinum Paniculatum)  memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bagian yang sering digunakan sebagai pengobatan adalah daun dan akarnya. Kandungan kimia adalah flavonoid, tamin, saponin, dan steroid (Kalium 41,44 %, Natrium 10,03 %, Kalsium 2,21 %, Magnesium 5,50 % dan Besi 0,32 %).

Dari kadungan kimianya, pantaslah tanaman ini disebut panacea, yakni obat dari segala penyakit.

Flavonoid adalah senyawa kimia yang terdiri dari 15 atom karbon yang umumnya tersebar di dunia tumbuhan (Hahlbrock K, 1981). Lebbih dari 2000 flavonoid yang berasal dari tumbuhan telah terdeteksi. namun ada tiga kelompok yang umum dipelajari, yaitu antosianin, flavonol, dan flavon.

Antosianin (dari bahasa Yunani anthis, bunga dan kyanos, biru-tua) adalah pigmen berwarna yang umumnya terdapat pada bunga berwarna merah, ungu, dan biru. Pigmen ini juga terdapat di berbagai bagian tumbuhan lain, misalnya, buah tertentu, batang, dan, dan bahkan akar. Flavonoid sering terdapat di sel epidermis. Sebagian besar flavonoid tersimpan di vakuola sel tumbuhan walaupun tempat sintesisnya ada di luar vakuola (Salisbury FB, Ross CW, 1995).

Tanin adalah beberapa antioksidan berjenis polifenol (yang mencegah atau mentralisasi efek radiakl bebas yang merusak) yang menyatu dan mudah teroksidasi menjadi asam tanat. Asam tanat berfungsi membekukan protein yang berefek negatif pada mukosa lambung.

Saponin adalah senyawa glokosida yang berfungsi sebagai detergen alami (Rao, 1996). Menurut Lacaille-Dubois dan Wagner (1996), aktivitas spesifik saponin meliputi aktivitas yang berhubungan dengan kanker seperti sitotoksik, antittumor, kemopreventif, antimutagen, dan yang menyangkut aktivitas antitumor, antiinflamatori dan antialergenik, imunomodulator, antivirus, antihepatotoksik, antidiabetes, antifungi, dan molusisidal.

Dilansir dari familydoctor.org, steroid merupakan jenis obat dengan efek anti-inflamasi yang kuat. Obat ini mampu membantu, mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan rasa nyeri.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini manfaat Ginseng Jawa untuk kesehatan:

MENINGKATKAN GAIRAH SEKSUAL

Tetri Widiyani dalam penelitian “Efek Antifertilitas Ekstrak Akar Som Jawa (Talinum paniculatum, Gaertn.) pada Mencit (Mus musculus, L.) Jantan” yang dilakukan di Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan dimuat di Buletin Penelitian Kesehatan Vol 34 No 3, 2006, membedah kandungan kimia som jawa.

Ia menyebutkan bagian dari tanaman som jawa yang dipercaya khasiatnya sebagai afrodisiak adalah bagian akarnya. Secara umum, kandungan kimia dari akar tanaman Talinum paniculatum, Gaertn. itu antara lain adalah saponin, flavonoid, dan tannin, seperti dikutip dari Syamsuhidayat dan Hutapea (1991).

Afrodisiak adalah zat yang mampu meningkatkan gairah seksual. Istilah ini diturunkan dari bahasa Yunani, aphrodisiakon, dari aphrodisios, i.e. "berkaitan dengan Aphrodite" (dewi cinta Yunani).

SEBAGAI ANTIOKSIDAN UNTUK MENANGKAL RADIKAL BEBAS

Salah satu kandungan utama yang ada pada daun ginseng yaitu antioksidan. Kandungan ini sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan juga sangat penting untuk kesehatan kulit. Jika dikonsumsi secara rutin, khasiat daun ginseng dapat membantu membuat kulit terhindar dari penuaan dini.

SUMBER ENERGI AGAR TUBUH TIDAK CEPAT LELAH

Selain mengandung antioksidan, daun ginseng juga kaya akan kandungan vitamin B. Kandungan tersebut berguna untuk menjadi sumber energi pada tubuh. Khasiat daun ginseng lainnya yaitu membantu mengatasi kelelahan dan memperbaiki sel-sel yang rusak pada otot atau ligamen. Mengonsumsi daun ginseng sangat disarankan untuk kamu yang banyak beraktivitas atau berolahraga berat.

MEMBANTU MENINGKATKAN SIRKULASI DARAH

Aliran darah yang tidak lancar dapat menimbulkan berbagai penyakit. Untuk itu sebaiknya kamu mulai mengonsumsi berbagai jenis makanan yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah, salah satunya adalah daun ginseng. Kandungan sterol pada daun ginseng membantu melancarkan aliran darah.

MENURUNKAN BERAT BADAN

Khasiat daun ginseng lainnya yang bisa kamu rasakan yaitu untuk menurunkan berat badan. Daun ginseng kaya akan kandungan antioksidan dan serat. Kedua kandungan tersebut dapat membantu proses pembakaran lemak serta menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

MENJAGA KESEHATAN HATI

Daun ginseng memiliki kandungan saponin. Kandungan ini adalah salah satu senyawa penting untuk menjaga kesehatan organ hati. Khasiat daun ginseng dapat membantu menetralkan berbagai jenis racun di dalam tubuh, sehingga regenerasi sel hati pun meningkat dan dapat terhindar dari kerusakan organ hati.

MELANCARKAN ASI

Bagi para ibu yang sedang menyusui, coba rutin mengonsumsi daun ginseng. Pasalnya kandungan saponin pada daun ginseng juga berkhasiat untuk melancarkan asi. Kamu bisa mengonsumsi daun ginseng secara langsung atau dicampur kedalam minuman atau makanan.

MENCEGAH PENYAKIT ALZHEIMER

Alzheimer adalah penyakit yang berkaitan dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, dan juga perubahan perilaku secara bertahap. Daun ginseng berkhasiat untuk membantu mencegah serta menyembuhkan penyakit alzheimer. Kandungan yang terdapat di dalam daun ginseng baik dikonsumsi oleh penderita alzheimer.

MENGHAMBAT PROSES PENUAAN DINI

Manfaat ginseng yang pertama adalah dapat mencegah proses penuaan dini. Ginseng dipercaya dapat meminimalisir tanda-tanda penuaan. Hal ini disebabkan oleh sifat antioksidan yang ada pada ginseng. Antioksidan di dalamnya mampu mencegah dampak negatif dari radikal bebas pada tubuh yang bisa merusak sel-sel sehat. Selain itu, ia juga bisa menambah sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit jantung.
 
MENGATASI DIABETES

Diabetes adalah salah satu penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Mengonsumsi daun ginseng secara rutin mampu membantu mengatasi diabetes. Kandungan daun ginseng mampu menjaga kadar gula dalam darah sehingga level gula darah lebih mudah dikontrol agar tidak menimbulkan penyakit diabetes.

CARA MENGKONSUMSI GINSENG JAWA

Beberapa kalangan memanfaatkan Ginseng Jawa sebagai sayuran. Ia dijadikan pelengkap nasi goreng, mie, dan bakso. Sebagian masyarakat menggunakannya sebagai campuran sayur lodeh. Pengolahan gingseng jawa paling mudah cukup dilakukan dengan cara mengukus atau merebusnya.

Selain itu Ginseng Jawa juga telah banyak dijual dalam bentuk kapsul atau suplemen yang sehat dan bisa dikonsumsi dengan mudah. Sehingga manfaat ginseng bisa dikonsumsi dengan lebih luas lagi.

PRANALA