9 Tanaman Herbal untuk Pencegahan Corona

Pandemi Covid-19 nampaknya masih akan berlangsung lama, karena belum diketemukan obat atau anti virusnya. Yang bisa kita lakukan adalah tindakan pencegahan dengan secara konsisten menjalankan Disiplin 3M & 3R.

Sementara itu ada beberapa tanaman herbal bermanfaat dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan rajin meminumnya, mudah-mudahan akan memperkecil kemungkinan untuk tertular corona.

Dilansir dari situs FKUI dalam penelitian terkait pencarian antivirus COVID-19, berdasarkan hasil skrining aktivitas ratusan protein dan ribuan senyawa herbal terkait mekanisme kerja virus SARS-CoV-2, terdapat beberapa senyawa yang berpotensi menghambat dan mencegah virus corona dalam tanaman herbal.

Senyawa tersebut antara lain hesperidin, rhamnetin, kaempferol, quercetin, dan myricetin. Sejauh ini, penemuan tersebut adalah hasil penelitian tahap awal yang masih harus diteliti lebih lanjut.

(01) Daun Kelor

Kandungan asam amino dan antioksidan di dalamnya membuat daun kelor dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bukan hanya itu saja, antioksidan dan kalori yang rendah pada daun kelor dipercaya mampu menghambat perkembangan mikroorganisme atau patogen penyebab penyakit dalam tubuh.

Daun kelor juga kaya akan vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, serta vitamin C, mineral. Dan kandungan penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, dan seng.

(02) Jambu Biji

Jambu biji dengan daging buah berwarna merah muda memiliki kandungan senyawa myricetin, kuersetin, luteolin, kaempferol dan hespiredin, yang memiliki potensi untuk menghambat dan mencegah virus corona menginfeksi manusia.

(03) Jeruk

Jeruk mengandung senyawa hesperidin yang dari sejumlah penelitian diketahui memiliki manfaat sebagai imunomodulator (meningkatkan imunitas), anti-inflamasi, dan antioksidan.

(04) Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang mengandung antioksidan dan kurkumin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu mencegah virus corona.

(05) Kencur

Kencur merupakan salah satu tanaman herbal yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hampir sama dengan jahe, kencur juga mampu membantu sistem pernapasan agar dapat melakukan fungsinya dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut, kencur bekerja dengan meningkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

(06) Jahe Merah

Selain ampuh dalam melegakan tenggorokan dan sistem pernapasan, beberapa kandungan dalam jahe merah diklaim ampuh dalam membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan senyawa aktif gingerol yang dapat menghambat infeksi bakteri, seperti shigella, E.coli, dan sebagainya.

(07) Temulawak

Temulawak sekilas memiliki penampilan yang mirip dengan kunyit. Bukan hanya tampilannya saja, temulawak juga memiliki peran yang sama dengan kunyit dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan kandungan antioksidan tinggi di dalamnya, mengonsumsi tanaman herbal yang satu ini secara rutin mampu mencegah tubuh terserang virus dan penyakit lain.

(08) Cengkeh

Cengkeh dipercaya sebagai tanaman herbal yang memiliki sejuta manfaat. Selain kerap kali digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan, cengkeh ternyata mampu membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kuncup bunga pada cengkeh disinyalir mengandung senyawa yang dapat meningkatkan jumlah sel darah, serta ampuh dalam membersihkan racun berbahaya dalam tubuh.

(09) Jinten Hitam

Jinten hitam memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan di dalamnya. Selain mampu mengurangi peradangan dalam tubuh, jinten hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.[]